Sabtu, 04 Juni 2016

Hal yang harus disiapkan untuk membuka bisnis laundry kiloan


Salam sukses buat sahabat dunia online semua saat ini sedang marak usaha laundry kiloan yuk cari tau apa saja yang harus di siapkan untuk membuka laundry kiloan.

  • Tempat usaha
Lokasi merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan usaha laundry kiloan.
Lokasi yang recomended dari berbagai pengalaman Saya :

  1. Daerah kos-kosan mahasiswa
  1. Perumahan Kelas menengah
  1. Daerah Kos-kosan pegawai kantoran
Ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan
  
  Setelah Anda menentukan lokasi, maka yang harus Anda lakukan adalah analisa pasar, apakah market disana layak untuk dijadikan lokasi usaha atau tidak.
  • Analisa pasar:
beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan analisa pasar adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah Saingan
    Banyaknya saingan yang Saya miliki, menunjukkan kekuatan pangsa pasar daerah tersebut yang artinya di daerah tersebut sudah terbentuk pangsa pasar. Anda hanya perlu untuk memenangkan persaingan tersebut. semakin banyak saingan, ini akan semakin bagus bagi usaha Anda . karena yang perlu Anda lakukan hanya memenangkan persaingan dari pada Anda harus membentuk pangsa pasar baru.
    Lakukanlah survei kepada saingan tersebut dengan memperkirakan jumlah pemasukan dan melihat kelebihan serta kekurangan dari saingan tersebut dengan melakukan testing order.
  1. Jumlah Penduduk
    Dengan Memperkirakan banyaknya penduduk yang ada dikawasan tersebut, dapat pula kita perhitungkan pangsa pasar di daerah tersebut.
Setelah melakukan hal tersebut, lakukan simulasi perhitungan jumlah konsumen yang Anda butuhkan.
  •  Kebutuhan Perlengkapan Usaha:
Ini adalah tahap dimana anda akan memperkirakan berapa total biaya yang akan anda keluarkan untuk memulai usaha laundry kiloan ini.
Selain memperkirakan total biaya yang akan anda keluarkan, Anda juga akan menentukan pada supplier mana Anda akan membeli perlengkapan tersebut.

Beberapa kategori barang yang akan anda beli:


  1. Barang yang bersifat perlengkapan
    Maksud dari barang perlengkapan ini adalah barang yang tahan lama lebih dari 1 tahun.
    Barang perlengkapan ini meliputi: mesin pengering, mesin cuci, rak dan meja kasir, dan setrika.

Barang yang bersifat Inventory
Barang ini adalah barang yang habis pakai. Jenis barang ini akan Anda Beli setiap bulan dan akan menjadi pengeluaran Anda.
Barang ini meliputi: solasi, pewangi, deterjen, plastik, Gas LPG, dan sebagainya.
  •  Marketing dan Promosi
Sebelum Anda membuka laundry, akan harus menentukan promosi seperti apa yang akan anda lakukan. Apakah melalui brosur, leaflet, atau spanduk. Promo apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan pada awal pembukaan laundry akan sangat mempengaruhi pelanggan untuk melakukan testing pada laundry Anda
  •  Management dan Internal kontrol
Pada bagian ini, Anda ditugaskan untuk berfikir bagaimana untuk me-manage laundry Anda sehingga dapat berjalan running well. Mulai dari managemen pegawai, sistem penggajian, sistem inventory, hingga proses bisnis Laundry Anda.
Dari Pengalaman saya, bagian yang paling sulit adalah managemen SDM, dimana kita dituntut untuk bisa memberikan gaji yang sepadan dengan pekerjaan karyawan. Jangan sampai karyawan merasa bahwa mereka telah bekerja keras tapi dengan hasil yang minim, ataupun sebaliknya.
Selain management, Internal kontrol sangat diperlukan agar laundry Anda menjadi usaha yang sehat dimana tidak terjadi kebocoran inventory ataupun kebocoran uang. Anda ditugaskan untuk menutup setiap kebocoran tersebut.
  •  Mental Pengusaha
Mental ini sangat diperlukan. Terlalu banyak perhitungan akan sangat menghambat proses Anda untuk menjadi pengusaha. Setiap perhitungan memang sangat diperlukan tetapi seorang pengusaha akan mengambil keputusan secara cepat.
Banyak sekali mental pengusaha yang tidak bisa Saya sebutkan, karena Saya sendiri juga masih belajar. Anda bisa pelajari pada buku-buku motivator yang sudah banyak beredar ataupun dengan mengikuti seminar.

Mungkin hanya itu yang bisa Saya share dengan Anda.. salam dunia online